Ini Skill Penting di Dunia Kerja Harus Kamu Kuasai - Skill penting di dunia kerja menjadi salah satu kunci penting untuk mulai terjun ke dunia kerja bagi fresh graduate. Seorang karyawan sendiri memiliki tuntutan agar bisa beradaptasi serta cerdas dalam mencari solusi masalah dalam setiap pekerjaan. Aspek tersebut akan menjadi sebuah nilai tersendiri selain skill akademis yang kamu dapatkan ketika berada di bangku sekolah atau universitas. Skill pribadi dalam dunia kerja ini akan berpengaruh pada efektivitas saat melakukan atau menyelesaikan pekerjaan.
Nah, sebagai fresh graduate penting bagi kamu untuk mulai memahami serta mengasah kemampuan personal agar lebih mudah diterima kerja. Tidak bisa kita pungkiri hampir setiap perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan personalnya dari para calon karyawan. Kemampuan ini tentu bisa kamu dapatkan dari pengalaman dari kehidupan bukan pengetahuan akademis. Lantas apa saja skill penting di dunia kerja yang harus kamu asah sebelum kerja?
Skill Penting di Dunia Kerja Harus Dikuasai
Melalui pembahasan kali ini Surabaya Karir akan memberikan pengetahuan penting bagi kamu sebelum terjun ke dunia kerja. Skill ini penting sekali untuk dimiliki dan akan berpengaruh dalam kemampuanmu ketika menjadi seorang karyawan. Apa saja skill tersebut? Yuk, simak!
1. Attitude atau Tata Krama
Poin penting dalam kehidupan ini attitude atau tata krama sendiri memiliki peran yang sangat penting. Termasuk dalam dunia kerja sendiri, mengingat kamu akan bersosialisasi dengan banyak orang selama bekerja. Maka dari itu penting untuk memastikan kamu memahami attitude dengan baik, agar mendukung kemampuan atau skill yang kamu miliki. Berusaha bersikap hormat pada yang lebih tua, saling menyayangi dengan rekan kerja. Kemudian buatlah energi positif selama bekerja, seperti menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat. Tidak menyalakan api permusuhan atau persaingan yang begitu jelas bersama rekan lainnya.
2. Kemampuan Public Speaking
Tata krama dan kesopanan sudah kita tempatkan pada posisi pertama, untuk posisi kedua kamu harus pandai public speaking. Kamu tidak dapat mengabaikannya begitu saja, terutama jika ingin bekerja pada perusahaan yang berbasis publik. Dengan kemampuan public speaking tersebut, bisa memudahkanmu untuk berkomunikasi ketika terjun atau bertemu dengan banyak orang. Tentunya kamu harus menyesuaikan dengan audience. Skill satu ini membantu kamu memberikan informasi secara jelas dan tersampaikan dengan baik mudah untuk para audience pahami. Biasanya kamu juga akan mendapat tuntutan mempresentasikan ide atau konsep saat rapat internal perusahaan. Pada saat itu kemampuan public speaking sangat diperlukan.
3. Kemampuan Problem Solver
Selain dua poin sebelumnya, kemampuan problem solver juga penting untuk dimiliki. Kamu harus bisa mencari solusi, skill ini banyak perusahaan sukai karena tidak banyak orang yang bisa menguasainya. Jika kamu mempunyai kemampuan yang baik dalam menganalisis masalah ini akan menjadi nilai plus positif ketika melamar pekerjaan. Karena banyak perusahaan yang mempertimbangkan untuk menerima pemilik skill problem solver. Beberapa perusahaan juga lebih membutuhkan kemampuan ini dibandingkan dengan skill lain, termasuk pengetahuan dari dunia akademik. Skill ini hanya dimiliki oleh calon karyawan yang cerdas dalam menyelesaikan masalah dan mencari solusi pemecahan analisisnya dengan baik. Kuasai salah satu dari skill penting di dunia kerja ini, dengan begitu peluangmu dalam mendapatkan pekerjaan jadi lebih lebar.
Untuk mendapatkan informasi loker Surabaya kamu bisa kunjungi web Surabayakarir.co.id