Tips Lolos Seleksi Administrasi, Bantu Kamu Lolos Kerja dengan Mudah

Tips Lolos Seleksi Administrasi, Bantu Kamu Lolos Kerja dengan Mudah

Tips Lolos Seleksi Administrasi - Merasa frustasi karena lamaran kerjamu terus dapat penolakan? Mungkin kamu belum memenuhi syarat administrasi dengan baik. Dalam melamar pekerjaan sendiri membutuhkan berkas-berkas tertentu. Jika satu atau dua kali masih tidak apa-apa, tapi apabila sudah berkali-kali dan belum mendapatkan panggilan juga mungkin ada yang salah. Kamu harus mengetahui apa kesalahan tersebut. Maka dari itu, untuk membuat peluang diterima kerja lebih tinggi kamu bisa coba menerapkan sejumlah tips lolos seleksi administrasi. Kali ini kita akan membahas tips lolos secara tuntas.

Tips Lolos Seleksi Administrasi
Menunggu dapat panggilan kerja memang membosankan, terkadang seringkali balasan dari lamaran yang kita berikan hanya ungkapan rasa terima kasih karena sudah melamar. Tentunya hal seperti ini benar-benar mengesalkan. Sebenarnya apa yang salah? Untuk menghindari kejadian seperti ini lagi, perhatikan beberapa tips berikut;

1. Baca Persyaratan Secara Teliti
Meski tergolong sepele, lebih baik kamu membaca setiap persyaratan dengan teliti. Tidak jarang lho, orang gagal mendapatkan pekerjaan karena melewatkan salah satu persyaratan yang disebutkan. Jangan berpikir sekilas dengan kalimat-kalimat “Coba dulu aja.” tanpa menghiraukan berbagai persyaratan. Kamu harus benar-benar membacanya dengan baik, misalnya jika perusahaan meminta SKCK tapi milikmu sudah habis masa berlaku, ya sudah pasti ditolak. Sebelum melamar pekerjaan pastikan kamu benar-benar memenuhi semua persyaratan yang disebutkan dalam poster atau iklan. Dengan begitu peluang diterima kerja bisa lebih luas.

2. Pastikan Data dan Informasi Sesuai
Selanjutnya pastikan semua data serta informasi yang kamu berikan sudah sesuai dan lebih spesifik. Dalam melamar pekerjaan misalnya ingin melamar pada posisi desainer kamu harus memiliki keahlian pada Corel Draw atau Adobe Photoshop. Kemudian melamar menjadi Copywriter, memerlukan keahlian dalam menulis dan memahami struktur penulisan yang benar untuk menarik perhatian audience. Kamu harus menjelaskan secara spesifik bukan menulisnya hanya; mampu mengoperasikan computer saja. Hal ini bisa membuat perusahaan merasa ragu.

3. Sertakan Domisili
Selain dua poin tersebut, dalam mengajukan lamaran pekerjaan pastikan kamu memasukan domisili, Biasanya ada perusahaan yang menyertakan syarat domisili berada di sekitar perusahaan atau tidak jauh lokasinya dari perusahaan. Jika alamat memang jauh dari lokasi, sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu akan tinggal dimana setelahnya. Tempat tinggal penting sekali untuk dipikirkan, untuk meningkatkan efektivitas dalam bekerja.

4. Sertakan Sertifikat
Untuk meyakinkan sebuah perusahaan kamu bisa menyertakan sertifikat keahlian yang sesuai dengan posisi kamu lamar pada saat ini. Misalnya jika perusahaan menginginkan pelamar yang ahli dalam bahasa tertentu, kamu bisa lampirkan sertif toefl. Tidak perlu menyertakan sertifikat lainnya yang tidak ada hubungan dengan pekerjaan tersebut. Semakin banyak sertifikat penghargaan dan berhubungan dengan pekerjaan, perusahaan pasti akan lebih mempertimbangkan. Adanya sertifikat bisa berpengaruh penting dalam melamar pekerjaan. Lamaran tanpa sertifikat akan tampak meragukan beberapa perusahaan, untuk mencegah hal tersebut maka melampirkan sertifikat dalam lamaran.

Dengan mengetahui berbagai tips lolos seleksi administrasi ini, akan lebih mudah bagi kamu diterima kerja oleh perusahaan. Selain itu perhatikan juga penulisan CV sudah baik atau belum, pastikan sesuai dengan standar perusahaan saat ini. Setelah mengetahui tipsnya, kamu pasti ingin langsung melamar kerja kan? Nah, bisa langsung kunjungi Surabaya Karir, menyediakan berbagai lowongan kerja Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya paling update di Surabayakarir.co.id.