Tips Fokus Kerja Ditengah Banyak Pikiran yang Mengganggu

Tips Fokus Kerja Ditengah Banyak Pikiran yang Mengganggu

Tips Fokus Kerja - Tidak mudah untuk terus bekerja tapi pikiran sedang kalut, banyak pikiran yang mengganggu hingga membuat fokus kerja menjadi hilang. Dalam hidup pasti kita seringkali dihadapkan dengan berbagai persoalan hidup. Baik itu masalah tentang pekerjaan, keluarga, pertemanan, pasangan hingga masalah lainnya. Dan karena masalah tersebut kadangkala membuat kita merasa terbebani secara tidak sadar juga terus menerus.

Salah satu dampaknya bisa membuat fokus kerja menjadi terganggu. Hal ini akan berakibat fatal sekali, karena mempengaruhi kinerja selama bekerja. Untuk mengatasinya kamu harus menerapkan sejumlah tips fokus kerja meski sedang banyak pikiran.

Tips Fokus Kerja Saat Banyak Pikiran
Dalam dunia kerja kita akan dituntut untuk bersikap profesional, termasuk bisa meninggalkan masalah sejenak diluar dari pekerjaan. Sedangkan daya fokus setiap orang pasti berbeda-beda. Tentunya kamu tidak ingin berlarut-larut dalam memikirkan masalah, dan ingin tetap fokus bekerja. Sehingga pekerjaan tetap ter-handle dengan baik, maka dari itu silahkan gunakan tips ini;

1. Luangkan Waktu untuk Istirahat Sejenak
Cara pertama untuk bisa lebih fokus dalam bekerja meski sedang banyak pikiran, cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Seseorang tidak bisa bekerja karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Dengan jeda istirahat ini kamu dapat menenangkan pikiran, fokus pada masalah. Pada tahap ini cobalah untuk meluapkan semua emosi yang kamu rasakan, ini akan membuat perasaan jauh terasa lega setelahnya.

2. Ketahui Sumber Masalah
Untuk bisa lepas dari masalah tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sumber masalahnya. Pastikan kamu tahu apa penyebab dari perasaan yang membuatmu merasa tidak nyaman tersebut. Jika sudah mengetahuinya cobalah untuk menerima masalahnya.  Dengan menerima hal tersebut kamu bisa menentukan apa masalahnya harus segera diatasi atau dapat kamu tunda setelah menyelesaikan berbagai pekerjaanmu.

3. Fokus Pada Satu Pekerjaan
Selanjutnya cobalah untuk menghindari multitasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Kadangkala dengan bekerja menggunakan sistem ini justru membuat tingkat stress dan lelah semakin bertambah. Bukan membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai, kadang ini menambah beban pikiranmu karena harus bisa menyelesaikan semuanya. Lebih baik lakukan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan ketika kamu memiliki fokus tinggi.

4. Self Reward
Selain beberapa hal tersebut, hal lainnya untuk bisa meningkatkan fokus kerja ketika sedang banyak pikiran kamu bisa beri penghargaan pada diri sendiri. Sebab menyelesaikan pekerjaan ditengah banyak pikiran tidaklah mudah. Ada baiknya setelah menyelesaikan semua pekerjaan kamu memberi penghargaan untuk diri sendiri. Ini dapat membuat perasaan terasa jadi lebih baik, dan membantu meningkatkan semangat kerjamu.

5. Tingkatkan Mood
Tips terakhir yang dapat kamu coba lakukan yakni lakukan hal-hal yang bisa meningkatkan mood-mu. Seperti mendengarkan musik favorit dengan nada-nada ceria atau membahagiakan. Membuat minuman kesukaan, membeli cemilan yang enak, atau susun kembali meja kerjamu dengan cantik. Untuk mengalihkan fokus banyak pikiran ini kamu bisa curhat pada orang terpercaya.

Atau cara paling tepat selesaikan masalah yang sedang kamu hadapi sesegera mungkin. Perasaan seperti ini tidak dapat kamu hindari, tapi harus dihadapi dan kamu selesaikan dengan baik. Dengan begitu fokus kerja bisa stabil kembali atau lebih meningkat dari sebelumnya. Silahkan gunakan tips fokus kerja di atas, ketika kamu sedang banyak pikiran. Tapi jika ingin mencari pekerjaan lain bisa kunjungi info loker Surabaya Karir atau ke Surabayakarir.co.id.