Ternyata Ini Tips Mudah Diterima Kerja yang Wajib Kamu Ketahui

Ternyata Ini Tips Mudah Diterima Kerja yang Wajib Kamu Ketahui

Tips Mudah Diterima Kerja - Rasa ingin mendapatkan pekerjaan yang layak seringkali muncul dengan perasaan menggebu-gebu. Bukan tanpa alasan tapi karena tuntutan hidup terus bertambah banyak. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan tidak hanya dari segi akademik saja, tapi ada faktor lainnya. Sehingga kamu bisa diterima oleh perusahaan dengan mudah. Bagi fresh graduate yang masih cukup sulit mendapat pekerjaan mungkin salah satu strategi yang kamu lakukan adalah mengajukan lamaran sebanyak mungkin ke berbagai perusahaan.

Daripada melakukan hal tersebut, akan lebih baik jika kamu memilih menggunakan sejumlah tips mudah diterima kerja untuk mendapatkannya. Yang mana melalui tips ini lebih ke arah bagaimana kamu menempatkan diri sesuai dengan keahlian atau sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Tips Mudah Diterima Kerja
Banyak orang menginginkan diterima oleh perusahaan besar dan sudah ia impi-impikan sejak lama. Untuk bisa mendapatkannya tidaklah mudah, kamu perlu melalui proses cukup panjang jika dalam keadaan tidak beruntung. Untuk mempersiapkan diri agar lebih mudah diterima kerja kamu bisa coba menggunakan beberapa tips ini;

1. Utamakan Skill
Dalam dunia kerja, berbeda dengan dunia akademis yang lebih mengutamakan nilai hasil belajar atau teori-teori yang kamu terima. Berbeda dengan dunia kerja karena cenderung  lebih mengutamakan skill atau kemampuan. Tentunya hal ini wajar-wajar saja, karena perusahaan lebih memilih orang yang ahli dalam bidang pekerjaannya. Bukan hanya orang yang memiliki nilai mata pelajaran tinggi. Oleh karena itu, ketika membuat CV atau ketika wawancara usahakan untuk menonjolkan keahlianmu dan mengkomunikasikannya dengan pewawancara.

2. Latih Skill Komunikasi
Tips selanjutnya pastikan kamu untuk melatih skill komunikasi, karena ini akan membantu sekali ketika proses wawancara. Dalam proses melamar pekerjaan akan ada tahap kamu harus melakukan wawancara kerja. Pastikan kamu melatih kemampuan komunikasi dengan baik sebelum melakukannya. Tujuannya agar kegiatan wawancara bisa berjalan lancar, tentunya akan ada sesi tanya jawab satu sama lain. Usahakan untuk menyampaikan jawaban secara jelas dan tepat, menggunakan intonasi yang tepat. Serta menyebutkan kata-kata dengan artikulasi yang jelas, dari kemampuan komunikasi tersebut bisa menjadi nilai tambah.

3. Buat CV Sederhana Tapi Informatif
Kesalahan yang sering terjadi dalam melamar pekerjaan membuat CV yang tidak menarik, bertele-tele dan tidak informatif. Ketika membuat CV pastikan mudah untuk dipahami serta memikat HRD untuk melirik CV yang kita miliki. Dalam pembuatannya semua informasi tersebut sesuai dan memang benar-benar adanya. Karena berbagai informasi dalam CV akan mempengaruhi pewawancara dalam mengajukan pertanyaan. Buat sesederhana mungkin, baik itu informasi pribadi, pengalaman, atau informasi lainnya tanpa bertele-tele. Hal ini juga memudahkan HRD untuk memahami bagaimana dirimu dalam sekilas.

4. Pelajari Beberapa Pertanyaan Interview
Terakhir kamu bisa mempersiapkan diri dengan pertanyaan-pertanyaan yang memang biasa ditanyakan ketika interview. Cari daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan, siapkan jawaban yang jujur. Persiapkan pertanyaan yang berhubungan dengan posisi ingin kamu lamar. Misalnya kamu ingin melamar sebagai kasir, bisa cari pertanyaan terkait dengan posisi tersebut melalui internet.

Selain itu, pastikan kamu juga mencari tahu tentang perusahaan tersebut. Berikan contoh atau portofolio hasil kerjamu sebelumnya jika ada, ini akan menjadi bahan pertimbangan. Gunakan pakaian yang sopan atau sesuai aturan yang berlaku. Bagi kamu yang masih mencari loker bisa cari tahu melalui web Surabaya Karir atau kunjungi langsung Surabayakarir.co.id.