Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kerja - Terdapat faktor-faktor tertentu yang bisa mempengaruhi kinerja seorang karyawan dalam bekerja. Selama bekerja kita pasti akan menghadapi beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan.
Dan kamu tentunya pasti ingin menyelesaikan semua pekerjaan tersebut secara maksimal juga ingin setiap bekerja terus merasa semangat. Namun sayangnya kadang semangat tersebut justru kendur dalam waktu tertentu. Untuk mengembalikan semangat yang sudah mulai luntur tersebut, kamu bisa simak pembahasan tentang faktor yang mempengaruhi kualitas kerja. Semangatmu bisa kembali lagi bahkan lebih berkobar.
Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kerja
Kualitas kerja yang baik sangat diperlukan untuk bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan yang ada. Selain melihat dari sisi sebagai karyawan, sebagai atasan juga harus mengetahui hal ini. Dan berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas kerja;
1. Pemimpin atau Atasan Kerja
Faktor pertama yang bisa mempengaruhi kinerja dari para karyawan yakni pemimpin perusahaannya. Pemimpin sendiri mempunyai peran yang penting, untuk memberikan motivasi serta arahan terbaik bagi karyawan.
Agar bisa meraih hasil yang baik, untuk memajukan perusahaan tersebut. Pemimpin yang baik, yakni dapat mendengarkan masukan dari para karyawan serta mempertimbangkan semuanya secara adil. Jika perusahaan memiliki pemimpin bersikap bossy, hanya memberi tugas. Tanpa adanya arahan dan motivasi bisa membuat karyawan merasa tertekan hingga stress.
2. Lingkungan Kerja
Selanjutnya faktor lain yang mempengaruhi yakni lingkungan kerjanya. Kamu harus memiliki lingkungan kerja sehat, rekan kerja yang baik, sirkulasi udara, serta suasana kerja yang menyenangkan. Kemudian juga memiliki fasilitas kerja memadai lainnya. Kunci karyawan mempunyai kualitas kerja baik karena memiliki lingkungan kerja yang sehat. Sehingga bekerja juga terasa nyaman dan tidak memberi banyak tekanan.
3. Intensif dan Gaji
Yang membuat setiap karyawan merasa semangat setiap bekerja setiap bulannya yakni gaji dan bonus. Dua faktor ini sangat mempengaruhi sekali semangat dan baik tidaknya karyawan bekerja. Upah sudah menjadi alasan krusial dan sangat mempengaruhi peningkatan kinerja.
4. Beban Pekerjaan
Selanjutnya yang bisa mempengaruhi kinerja dari karyawan yakni beban pekerjaan. Jika beban terlalu banyak bahkan melebihi kapasitas dari yang seharusnya bisa mengurangi kinerja dari karyawan tersebut.Maka dari itu peran atasan disini penting sekali, pemimpin harus tahu kapasitas atau kemampuan masing-masing karyawan. Harus sesuai dengan porsinya agar tidak memberi tekanan terlalu banyak.
Beberapa perusahaan memang memiliki keterbatasan tenaga kerja, tapi ini tidak bisa dijadikan alasan. Lebih baik cari jalan keluar lainnya seperti menambah jumlah karyawan atau membekali karyawan saat ini dengan kemampuan yang sama.
5. Kemampuan Diri
Selain hal tersebut, kinerja karyawan yang tidak maksimal karena kurangnya kemampuan diri. Setiap orang memiliki kelebihan dalam satu bidang, jika atasan memberi yang diluar kemampuan itu akan menghambat pekerjaan. Apalagi jika karyawan belum pernah mengerjakan tugas tersebut, sehingga tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Maka dari itu, perusahaan harus mengadakan langkah pengembangan diri bagi para karyawan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan.
Sehingga karyawan bisa merasa lebih percaya diri ketika perusahaan memberi tugas tambahan diluar kemampuannya sebelumnya. Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas kerja yang harus kamu ketahui. Jika kamu merasa tidak sreg dengan tugas tambahan bisa coba cari pekerjaan di tempat lain. Untuk mendapatkan informasi tersebut bisa kunjungi Surabaya Karir, situs info loker Surabaya terupdate atau kunjungi ke Surabayakarir.co.id.