Ingin Resign Kerja? Ketahui Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Resign

Ingin Resign Kerja? Ketahui Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Resign

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Resign - Tidak semua tempat kerja mempunyai lingkungan yang nyaman. Baik dari segi rekan kerja, atasan, pekerjaan terlalu menumpuk, dapat tekanan dan lainnya. Seringkali situasi tersebut membuat kita merasa ingin berhenti dari pekerjaan tersebut. Bisanya alasan ingin keluar dari zona nyaman atau mau merasakan tantangan baru sering menjadi alasan ketika resign.

Memang tidak ada salahnya jika ingin berkembang dan mencoba hal lainnya di luar sana. Namun dalam fase ini seringkali ada pembicaraan jangan dulu berhenti sebelum dapat pengganti. Maka dari itu sebelum berhenti kamu harus tahu apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum resign.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Resign
Sebelum bekerja kamu harus memperhatikan sejumlah hal. Tidak bisa keluar begitu saja, atau hanya memikirkan dirimu sendiri. Tapi hal tersebut tetap bisa kamu ambil jika memang lingkungan kerja yang benar-benar toxic. Akan lebih baik juga jika kamu mengundurkan diri tapi sudah memiliki pekerjaan di tempat lain. Selain hal tersebut, pastikan juga sudah memperhatikan hal yang perlu diperhatikan sebelum resign lainnya;

1. Siapkan Rencana Keuangan
Resign tanpa memiliki pekerjaan lain, menjadi tantangan tersendiri karena harus bisa mengatur uang dengan baik. Sebelum berhenti pastikan kamu sudah menyiapkan dana darurat yang cukup ketika resign. Setidaknya siapkan 3 sampai 6 bulan gaji sebelumnya untuk berjaga-jaga. Kamu perlu melakukannya agar ketika menganggur kondisi bisa tetap terkendali dengan aman. Dengan adanya simpanan tersebut juga membantumu lebih fokus untuk mencari pekerjaan baru.

2. Perbaiki CV serta Portofolio
Poin penting lainnya ketika kamu memutuskan untuk resign, perlu memperbarui CV juga portofolio. Jika ingin bekerja pada perusahaan baru pastikan semuanya sudah kamu perbaruhi dahulu sebelumnya. Misalnya dengan menambahkan pengalaman baru, karena adanya penambahan pengalaman tersebut akan membuat CV terlihat lebih profesional. Dan jangan lupa untuk memastikan semua datanya akurat.

3. Rencanakan Jadwal Resign
Selain dua hal sebelumnya, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah membuat rencana jadwal resign. Tentukan waktu atau jadwal untuk mengundurkan diri dan pastikan pada waktu yang benar-benar tepat. Sebaiknya kamu beritahukan pada atasan minimal satu bulan sebelumnya. Karena mungkin saja perusahaan memiliki beberapa kriteria khusus pengajuan resign dapat diterima, dan kamu bisa menyiapkannya jauh-jauh hari.

4. Manfaatkan Asuransi Kesehatan
Selanjutnya kamu juga harus memanfaatkan asuransi kesehatan sebaik mungkin. Nah, sebelum resign pastikan kamu melakukan pengecekan kesehatan menggunakan asuransi tersebut. Dengan begitu kamu bisa  merasakan fasilitas yang perusahaan berikan. Sekaligus dapat mempertimbangkan untuk memperpanjang asuransi dengan biaya mandir atau justru menghentikannya saja.

5. Pamitan dan Sampaikan Secara Baik-baik
Tips yang terakhir perlu kamu ketahui, pamitan pada rekan-rekan kerja merupakan hal penting untuk kamu lakukan lainnya. Hal ini untuk memberikan kesan yang baik, ucapakan juga rasa terima kasih selama menjadi tim atau rekan kerja. Dan pastikan kamu menyampaikan maksud berhenti tersebut secara baik-baik pada atasan. Jelaskan apa alasan serta rencanamu secara beraturan, dan jangan lupa poin penting lainnya yang bisa membuat atasan menerima keputusan tersebut.

Selain beberapa hal tersebut pastikan kamu membuat surat pengunduran diri, cari pekerjaan dalam waktu dekat jjika ingin langsung bekerja. Atau nikmati hari libur terlebih dahulu dan siapkan tabungan sebaik mungkin. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum resign. Untuk informasi lowongan kerja terkini kamu dapat mengunjungi Loker Surabaya atau ke Surabayakarir.co.id.