Negosiasi Gaji - Kenaikan jabatan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Hal ini tergantung dengan kinerja selama kita menyelesaikan pekerjaan sebelumnya. Serta bergantung pada berapa lama kamu kerja di tempat tersebut. Jika memang kamu merasa sudah saatnya bagi kamu untuk naik jabatan atau naik gaji, kamu dapat mengajukannya pada atasan. Namun sebelum melakukannya ada sejumlah hal penting harus kamu perhatikan terlebih dahulu.
Langkah Tepat Negosiasi Gaji
Namun dalam melakukan proses negosiasi baik naik jabatan atau naik gaji ini tidaklah mudah sama sekali. Beberapa orang kesulitan untuk melakukannya atau terlalu enggan memulai pembicaraan. Karena budaya mengajukan diri belum menjadi budaya yang biasa terjadi di Indonesia. Seringkali muncul rasa takut hingga bingung memulai topiknya pada atasan. Jika kamu mengalami hal tersebut bisa simak langkah tepat negosiasi gaji berikut;
1. Mulai Obrolan Ringan
Langkah pertama yang bisa kamu ambil yakni mulai untuk mencairkan suasana dengan obrolan ringan dan tidak kaku. Jangan langsung ke inti pembicaraan, ajak basa basi terlebih dahulu tanyakan kabar atau obrolan ringan lainnya.
Cobalah untuk mengatur suasana ngobrol yang benar-benar nyaman, dan lakukan obrolan tersebut dengan tenang juga sopan. Kemudian bisa mulai masuk dengan mengungkapkan rasa terima kasih pada atasan karena sudah diberi kepercayaan untuk bekerja di perusahaan.
2. Bawalah Bukti Spesifik
Setelah itu, jangan lupa untuk bawa bukti spesifik. Dan negosiasi gaji atau kenaikan perlu kamu ajukan berdasarkan data yang sesuai. Kamu bisa menunjukan dengan bukti spesifik seperti prestasi selama ini sudah pernah kamu raih.
Hal ini untuk memperkuat niatmu untuk naik jabatan, agar bisa dipertimbangkan oleh atasan. Selain itu, juga mintalah rekan kerjamu untuk memberikan kesaksian bagaimana kinerjamu selama ini. Tidak perlu merasa malu untuk menanyakan kesan dari rekan, karena bisa membuktikan bahwa kamu memang layak naik jabatan.
3. Jelaskan Jabatan
Jika sudah memberikan bukti dengan menjelaskan maksudmu bertemu dengan atasan, tinggal jelaskan jabaran apa yang kamu inginkan. Sebelumnya kamu harus memperkirakan terlebih dahulu kemampuanmu pada jabatan tersebut. Jangan sampai setelah mendapatkannya, tidak sesuai dengan kemampuan selama ini kamu miliki. Katakan jabatan yang kamu inginkan sesuai kemampuan dan jangan lupa berikan bukti bahwa kamu memang layak pada posisi tersebut.
4. Minta Timbal Balik
Selain beberapa tahapan sudah kita bahas sebelumnya, pastikan kamu juga meminta feedback. Ketika melakukannya berada pada waktu yang tepat, jangan terburu-bur untuk meminta responnya. Kamu harus paham keinginanmu tersebut membutuhkan evaluasi dari atasan, tidak bisa secepat mungkin diberikan jawaban. Sebab dalam hal ini atasan harus mempertimbangkan dengan baik tidak bisa asal menerima.
5. Percaya Diri
Selain beberapa langkah sebelumnya, miliki rasa percaya diri yang cukup. Karena kamu meminta jabatan ini sendiri, kamu harus yakin dengan ilmu, pengalaman serta kemampuan yang dimiliki. Sampaikan semua kelebihan tersebut dengan percaya diri, dan tunjukan jika kamu benar-benar layak untuk mendapatkannya. Siapakan alasan terbaik serta jangan ragu untuk menunjukan sisi terbaikmu.
Jika kamu berhasil mendapatkan jabatan tersebut, berarti kamu sudah dipercaya oleh perusahaan dan tentunya bisa naik gaji. Sesuai dengan jabatan kamu miliki, gaji bisa meningkat dengan mudahnya. Tidak perlu merasa ragu selama apa yang kamu lakukan benar dan tidak menyalahi aturan perusahaan. Jika ingin mencari info loker Surabaya terbaru dan terkini bisa langsung kunjungi Surabaya Karir atau ke Surabaya.co.id.